Tutorial: HTC Hero Theme for S5233W

Samsung Star S5230/S5233

Samsung Star S5230 adalah salah satu produk sukses dari Samsung. Diluncurkan pertama di Eropa, satu juta ponsel layar sentuh ini langsung terjual di awal dan setengah bulan sendiri, setelah perusahaan menembangkan penjualannya termasuk di pasar CIS, Asia Tenggara, China, Amerika, dan lain-lain.  Smartphone Samsung yang hadir tanpa OS ini mencapai hasil penjualan yang tergolong cepat. Pertama kali dirilis pada bulan Mei 2009 lalu, kini handset tersebut telah berhasil melewati angka penjualan sebanyak 5 juta unit di seluruh dunia.

Samsung Star mengusung fitur-fitur seperti layar WQVGA berukuran 3 inci dengan fungsi sentuh, kamera 3MP, Bluetooth serta akselerometer.

Menyusul kesuksesan S5230 Star, Samsung membuat varian baru yang diberi nama S5230W Star WiFi. Sudah bisa ditebak, perbedaan kedua ponsel ini hanya terletak pada adanya penambahan konektivitas WiFi yang tidak terdapat pada produk sebelumnya. Selain WiFi, ukuran, berat, dan spesifikasi lainnya dari Star WiFi sama persis dengan Star.

Di negera-negara Eropa, Samsung Star dipasarkan dengan seri S5230 dan S5230W (Wifi), sedangkan di Asia dan Afrika ponser tersebut dipasarkan dengan nama S5233 dan S5233W (WiFi). Harga Samsung S5233W Star WiFi di pasaran Indonesia saat ini sekitar 1,6 juta.

Sayangnya, ponsel Samsung Star tidak menyediakan fitur kustomisasi theme. Pengguna Samsung Star harus puas dengan 2  theme bawaan ponsel, yaitu theme yang bernuansa hijau dan theme yang bernuansa orange, keduanya menggunakan icon dan layout yang sama.

Jika pengguna merasa bosan dengan 2 theme bawaan ponsel tersebut, jalan satu-satunya untuk mengganti theme yang memiliki komposisi warna, icon, dan layout berbeda dengan sisitim bawaan ponsel adalah dengan meng-upgrade firmware dengan firmware yang memiliki fitur kustomisasi (patch). Dari sekian firmware dengan kode seri  yang berbeda untuk tiap wilayah pemasaran, hanya beberapa seri yang memiliki fitur kustomisasi theme (dan beberapa fitur lain), yaitu firmware yang beredar di wilayah penjualan Russia. Dengan demimkian, upgrade firmware dengan firmware yang memiliki fitur kustomisasi theme akan mengorbankan paket Bahasa Indonesia karena pilihan bahasa yang tersedia hanya bahasa-bahasa di wilayah Russia dan sekitarnya.

Sekedar informasi, kode seri firmware untuk wilayah Asia Tenggara adalah seri dengan kode DX, contohnya DXJG1, di mana DX menunjukkan wilayah pemasaran, J menunjukkan tahun release (2010), G menunjukkan bulan release (Juli), dan 1 menunjukkan nomor release di tahun bersangkutan. Firmware dengan seri DX memiliki paket bahasa Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapore, dan Vietnam.

Untuk Samsung Star Wifi, salah satu firmware yang memiliki fitur patch adalah seri PDJE4 dengan paket bahasa  Russia, Baltic, Bulgaria, UK, Kazakhstan, Romania, Ukraine dan Uzbekistan.

File firmware PDJE4 dapat didownload di:

http://www.gsm-data.com/samsung/flash-files/view.download/97/1471.html atau di

http://depositfiles.com/en/files/yze1gqvuw

Firmware Samsung Star terdiri dari beberapa bagian, flashing (instalasi) bagian-bagian firmware tersebut menggunakan hanya dengan satu software, yaitu: MultiLoader_V5.56 yang dapat didownload di www.megaupload.com/?d=JVKFLI29 atau www.mediafire.com/?2wzwufjddow

Bagian-bagian dari firmware PDJE4:

Folder / BOOTFILES beserta isinya
apps_compressed.bin
FactoryFs_S5230W_Russia_SVYAZNOY.ffs
Rsrc2_S5230W(Low)_SER.rc2
Rsrc2_S5230W(Mid)_SER.rc2
Rsrc_S5230W_Russia_SVYAZNOY.rc1

Agar sistim ponsel mampu menjalankan theme yang disiapkan pengguna, 2 file patch yang diperuntukkan khusus buat firmware tersebut harus diinstalkan. Kedua file patch untuk PDJE4 adalah Apps_patch.bin dan Rsrc2_S5230W(Low)_SER_PatchV1.rc2, yang keduanya dapat didownload dalam satu file terkompres S5230WPDJE4_thatonemorekid_PatchV1.rar di http://www.mediafire.com/?n55g59c9ue856rc

Instal/flashing kedua file patch tersebut masih menggunakan MultiLoader_V5.56 dengan settingan yang berbeda dengan settingan pada saat flashing firmwarenya.

Dua file patch tersebut jika diinstalkan ke ponsel Star WiFi yang telah di-flash dengan firmware PDJE4, maka ponsel akan memiliki patch sebanyak 15 pilihan, yaitu: Master Patch, ChangeJavaToMMC, Change KJxDispatch.ini, Gadget menu, CheckSignOff, DeleteJavaPopup, Delete Sthumb.tdb, EasyAdminMenu, Font, Google to Opera, JavaLcdOff, LowBatRestrictOff, VideoSizeLarge, CallUnlockLCD, Colortbl.

Untuk menggunakan theme kustomisasi, patch yang diperlukan adalah Master Patch, Gadget menu dan Font. Ketiga pilihan ini harus dipilih dalam menu patch supaya saat ponsel booting, sistim menggunakan file-file yang disiapkan pengguna, bukan dari sistim ponsel. Cara menuju menu pemilihan patch akan dibahas kemudian. Ponsel yang telah menggunakan patch dan theme kustomisasi akan mampu booting dengan 2 versi: booting dengan sistim theme original bawaan ponsel dan booting dengan theme kustomisasi, yang juga akan dibahas lebih lanjut kemudian.

Theme: Samsung Star HTC HERO pre-release — BY jdotcong & OneStyle07

Star Hero Theme

Theme ini merupakan replica sistim permenuan dan layout dari ponsel produk vendor HTC (Hero) pada umumnya.

HTC Phone

Salah satu keistimewaan dari theme ini adalah adanya tampilan “Prakiraan Cuaca” pada home screen secara otomatis tanpa harus mengeksekusi widget “Weather”. Prakiraan Cuaca ini dapat diupdate secara manual menggunakan file weather.txt yang dapat didownload dari internet dengan besar file hanya sekitar 3 KB. Keistimewaan lain dari theme ini termasuk Home Screen yang terbagi dalam 7 sub-layar, masing-masing sub layar dapat diisi dengan pilihan widget yang tersedia sejumlah 31 buah.

File theme dapat didownload di:

http://www.ziddu.com/download/11436535/STARHERObyjdotcongandonestylepre-release.rar.html

atau

http://uploading.com/files/7da4c5e6/STARHERO%2Bby%2Bjdotcong%2Band%2Bonestyle%2B%2528pre-release%2529.rar/

Jika ingin agar ponsel menampilkan text dengan fontasi sesuai selera pengguna, jenis font yang bisa digunakan adalah font yang berekstensi ttf. Sekiranya font yang ingin digunakan berekstensi otf, perlu dilakukan konversi dari otf ke ttf secara online di:

http://www.freefontconverter.com/

Pemilihan font harus mempertimbangkan bahwa font tersebut di samping akan digunakan sebagai font untuk menampilkan text menu juga digunakan dalam menampilkan text dalam browser seperti Opera Mini. Sebaiknya pilih font yang berjenis Sans. Jika belum memiliki gambaran font yang akan digunakan, boleh juga dicoba dengan font kesukaan saya, Street Plain atau Droid-Sans.

Street-Plain.ttf

Download Street-Plain.ttf di http://www.font-cat.com/font-en-42783.html

droid-sans.ttf

Download droid-sans.ttf di http://www.fontsquirrel.com/fonts/Droid-Sans

LANGKAH-LANGKAH INSTAL THEME DI PONSEL STAR WIFI

Flash dengan Firmware S5230WPDJE4

Software yang digunakan: Samsung PC Studio dan MultiLoader_V5.56

PASTIKAN STAR TIDAK DALAM KONDISI LOW BATTERY PADA SAAT AKAN MELAKUKAN UPGRADE FIRMWARE & LAKUKAN BACKUP DATA YG ADA DI MEMORY PHONE (proses upgrade yg terhenti ditengah jalan (akibat lowbatt) dapat mengakibatkan STAR mati total)

Periksa terlebih dahulu versi firmware yang ada di Samsung Star dengan mengetikkan *#1234# (Ini perlu dilakukan terutama setelah proses flashing selesai untuk memastikan bahwa firmware yang di ponsel adalah S5230WPDJE4)

Software yang digunakan untuk upgrade / downgrade firmware : “Multiloader 5.56” & “Samsung New PC Studio 1.1.2.ID3

Untuk sementara, versi kedua software tersebut merupakan yang terbaru..Samsung New PC Studio sebenarnya digunakan hanya untuk pengenalan Samsung Star dengan PC menggunakan kabel data yang tersedia dalam paket pembelian Samsung Star

Pastikan secara benar bahwa Samsung PC Studio telah terinstal dengan benar di PC anda & STAR dapat dikenali / di-detect oleh PC

PADA SAAT AKAN MELAKUKAN UPGRADE/DOWNGRADE, JANGAN MENJALANKAN APLIKASI PC STUDIO ! (nonaktifkan terlebih dahulu)

  • Unrar firmware yang telah Anda pilih ke dalam sebuah folder baru, sehingga memudahkan Anda untuk menemukannya.
  • Keluarkan SIM Card Anda & MicroSD dari HP, kemudian pasang kembali baterai nya
  • Sekarang, tekan & tahan tombol “Volume Top + Camera + Power” secara bersamaan dalam keadaan Off tanpa menghubungkan kabel data ke PC.
  • Anda akan melihat sebuah tampilan baru di layar HP, dengan tulisan “Download“.
  • Pasang kembali kabel data Anda ke HP & PC, sehingga terjadi koneksi antara keduanya, lalu buka software “Multiloader 5.56” yang telah Anda download.
  • Silahkan dipilih yang BRCM2133 untuk S5230/S5233(W).

Tekan tombol Port Search, biarkan Multiloader mencari Com Port untuk koneksi HP dan PC  & menunjukkan bahwa Com Port telah siap digunakan. (COM… Ready)

Multiloader Setting for Upgrade Flashing

Pilih juga (centang) Boot Change ; Full Download ; Master Rom.

Kemudian, klik Boot & pilih file boot dari folder yang digunakan untuk unpacked firmware.

klik Amss ; Rsrc1 ; Rsrc2. (Pilih juga dari folder yang telah anda gunakan untuk unpacked firmware)

Pilih (Low).r2c ; JANGAN (Mid).r2c. (Ada kemungkinan HP tidak bisa restart, jika Anda milih yang (Mid).r2c)

Kemudian pilih Factory FS & pilih juga file FactoryFS dari folder unpacked firmware.

Kolom FOTA & ETC dibiarkan kosong.

Tekan tombol Download (sebelah Port Search) & silahkan tunggu beberapa saat sampai semua proses berjalan dengan lengkap.

Ketika proses sudah selesai, maka akan ada tulisan “Ok Complete“.

Lepaskan HP anda dari kabel data & pasang kembali SIM Card anda, MicroSD ke HP Anda.

Silahkan hidupkan kembali HP Anda.

Sekarang apabila sudah lengkap, kita dapat melakukan “Hard reset” dengan menekan *2767*3855#.

Ketika sudah selesai melakukan “Hard Reset” & HP restart ulang, coba tekan *#1234# dari HP Anda untuk memeriksa versi firmware HP Anda, apakah sudah berubah menjadi versi firmware yang diinginkan.

Instal Patch untuk S5230WPDJE4

Ekstrak file S5230WPDJE4_thatonemorekid_PatchV1.rar dan temukan Apps_patch_S5230WPDJE4.bin dan Rsrc2_S5230W(Low)_SER_PatchV1.rc2

Ekstract file STARHERObyjdotcongandonestylepre-release.rar

Siapkan file font yang berekstensi ttf. Copy font dan paste sehingga ada dua file yang sama, masing-masing rename file menjadi CoolB_EURO.ttf dan CoolM_EUCJK.ttf.

Koneksikan ponsel dengan PC,  pilih opsi MEDIA PLAYER

Buat folder Res di dlm MEMORY PHONE dan folder /font di dalam folder /Res (/Res/font) copy-paste kedua file ttf ke dalam folder font

Copy folder res beserta isinya yang diperoleh dari ekstrak file STARHERObyjdotcongandonestylepre-release.rar, dan paste ke kartu memori. Dalam folder /Res di kartu memori akan berisi file menu.swf, gadget.swf, calculator.swf, myfiles.swf dan folder “HTC FILES”. Lepaskan koneksi ponsel dengan PC.

Matikan ponsel STAR, kemudian masuk ke dlm modus download (volume down+end call+camera).

Jalankan MultiLoader dan set multiloader seperti ini:

pilih LSI6410

Boot > biarkan kosong

Ams > biarkan kosong

Apps > Apps_patch_S5230WPDJE4.bin

Rsrc1 > biarkan kosong

Rsrc2 > Rsrc2_S5230W(Low)_SER_PatchV1.rc2

Setting Multiloader Patch Flashing

Sebelum meng-klik tombol download pastikan yang terpilih adalah LSI6410 karena Multiloader akan otomatis mengaktifkan pilihan BRCM2133 ketika tombol “port search” di-klik dan radio button apps dan rc2 akan kembali kosong. Jadi setelah meng-klik port search, pastikan kembali settingan Multiloadernya.

lalu lakukan proses DOWNLOAD, setelah selesai ponsel akan restart sendiri…

Masuk ke menu PATCH

Tekan dan tahan tombol “lock” dan nyalakan ponsel seperti biasa, ketika layar mulai booting tetap tekan tombol “lock” dan lepas tombol “end call”

Lepas tombol “lock” saat layar menampilkan pilihan menu Patch.

Pada layar terdapat 4 pilihan menu, gunakan tombol volume-up/down untuk menyorot pilihan ke atas atau ke bawah, gunakan tombol “camera” untuk enter/OK, gunakan tombol “lock” untuk “save”, dan gunakan tombol “answer call” untuk kembali ke kiri dan “back” untuk ke kanan.

ke atas = up volume button

ke bawah = down – down volume button

Enter = camera button

Answer call button = left soft key kiri

Back button = soft key kanan

Lock key = simpan setting

Di layar akan ada 4 menu pilihan:

1. Patch Menu

2. Info

3. Tools

4. Restart Phone

Sorot pilihan nomor 1 (Patch Menu) dan tekan “camera” sebagai tombol “enter”, kemudian akan muncul daftar menu patch. Dengan menggunakan tombol Vol-atas/bawah sorot pilihan patch yang diinginkan, dan jika sampai pada pilihan yang ingin di-patch tekan “tombol Camera” sehingga akan muncul tanda “*” pada pilihan tersebut. Lakukan hal yang sama untuk setiap pilihan patch yang diinginkan.

Dari 15 pilihan patch, jika Anda masih pemula dalam menggunakan patch, cukup memilih patch yang memang diperlukan untuk menggunakan theme kustomisasi, dan yang perlu diberi tanda “bintang” adalah: MasterPatch, Font, Gadget Menu Myfiles

1. [*] MasterPatch

10. [*] Font

11. [*]Gadget Menu Myfiles

Pilihan patch yang lain bisa dipilih jika dan hanya jika Anda mengetahui betul maksud dari pilihan patch tersebut. Pilihan 6. [ ] colortbl misalnya, jika pilihan ini dipilih harus disiapkan file color.bin pada folder /Res di kartu memori. Untuk amannya, sebaiknya pilihan 6. [ ] colortbl dan 12. [ ] Google to Opera dibiarkan kosong.

Setelah selesai melakukan pemilihan patch (dengan adanya tanda bintang dalam tanda [ ]) tekan “lock” untuk menyimpan setting, kemudian tekan tombol “jawab panggilan” untuk kembali ke menu sebelumnya. Gunakan tombol vol-bawah untuk menyorot pilihan menu No. 4 Restart dan tekan tombol “camera” untuk OK. Ponsel akan restart dan biarkan sampai ponsel selesai loading dan theme Star Hero sudah siap dinikmati.

Pada layar Home terlihat ada tulisan “weather.txt is outdated” yang berada di bawah jam digital. Itu berarti perlu dilakukan update “weather.txt” yang ada di folder \res\HTC FILES\Widgets di kartu memori.

Update Prakiraan Cuaca:

Kunjungi situs: http://weather.joeearl.co.uk/

Update weather: find City
Weather Update: download weather.txt

Download dan simpan file “weather.txt”. Hapus file “weather.txt” yang ada di folder \res\HTC FILES\Widgets di kartu memori dan gantikan dengan file  “weather.txt” yang baru didownload.

Download Update prakiraan cuaca dapat dilakukan dengan ponsel menggunakan Browser BOLT. Kenapa? Browser bawaan ponsel dan Opera Mini tidak bisa mendownload file berekstensi txt, tetapi browser Bolt bisa. Silakan mencoba.

Kustomisasi Tambahan (tidak untuk pemula)

Secara umum theme Star Hero Pre-release didominasi warna background hitam dan abu-abu tua. Saat ponsel menampilkan menu-menu dalam bentuk list/daftar, yang tertampil adalah pewarnaan dari theme original (hijau atau orange). Sekiranya theme ponsel original ingin diubah menjadi “dark theme” hitam sehingga matching dengan pewarnaan dominan theme Star Hero, berikut langkah-langkahnya.

Dark Theme

Software yang dibutuhkan: TkFileExplorer

Download file TkFileExplorer.zip (530 KB) di:

www.4shared.com/file/121740818/d69ac629/TkFileExplorer.html

Ekstrak TkFileExplorer.zip temukan file Patch.exe dan folder /TkFileExplorer yang berisikan file TkFileExplorer_2.2.exe.

Koneksikan Star ke Komputer pilih modus PC Studio. Pastikan PC Studio telah terinstal di PC tapi tidak perlu dijalankan.

Jalankan Patch.exe dan klik Aplica Patch. Jalankan TkFileExplorer_2.2.exe  kemudian ke menu SETTINGS – COM. Kalau nomor COM port nya tidak secara otomatis terdeteksi, jalankan Multiloader dan klik Port Search. Setelah diketahui port nya, tuliskan nomor port tersebut secara manual di SETTINGS – COM TkFileExplorer, penulisan lengkap, misalnya COM31.

Lalu ke menu FILE – CONNECT

Klik Drive PHONE dan temukan file nv_original.ini di:

“SystemFS\settings\PreConfiguration\Baltic\NV\ nv_original.ini”

Download file tersebut ke PC.

Jalankan notepad, buat file baru dengan isi:

#Version
Version=1
#NvId
NV_SI_MY_THEME_STYLE=0

Save dan beri nama file tsb “nv_original.ini”.

Masukan file “nv_original.ini” yang dari PC tadi ke folder NV di “SystemFS\settings\PreConfiguration\Baltic \NV”

Tutup tkfileexplorer dan diskonek ponsel dari PC.

Pada ponsel ketikkan:

*#5239870*# (= Options d’administration)

*#7092463*# (= Master Key)

Pilih Pre-configuration

*#27236*# = (Operator Code (Pre-configuration))

Pilih Baltic and INSTALL

Hp akan restart sendiri dan dark theme sudah terinstall.

Harap tidak mengubah-ubah lagi themes nya karena  Dark theme akan tidak aktif lagi kalau terjadi perubahan theme (bawaan ponsel). Kalau terlanjur mengubah theme harus diulangi lagi proses install pre-configuration.

Menaikkan Kapasitas Java Heap

Ini diperlukan jika ponsel Star tidak mau menginstal Java yang lebih besar dari 1 MB seperti kamus. Untuk memastikan apakah firmware yang ada diponsel termasuk yang Java friendly, coba install file Java yang besarnya lebih dari 1 MB. Jika ponsel mampu menginstal berarti tidak diperlukan lagi langkah-langkah untuk menaikkan kapasitas Java heapnya. Jika instal gagal, perlu dilakukan editing pada FactoryFs dan harus flash ulang.

Software yang dibutuhkan: WinImage 8.10 portable, download di
http://rapidshare.com/files/156586091/WinImage_8.10_portable.rar

File yang diedit: FactoryFs dari firmware bersangkutan

Jalankan WinImage 8.10 portable dan buka file FactoryFs dari firmware bersangkutan

Temukan file jwc_properties.ini pada folder \Exe\Java dan ekstrak ke PC.

Buka file jwc_properties.ini tersebut dengan notepad dan temukan text di bagian paling bawah:

## Limited MVM configuration # #
MAIN_MEMORY_CHUNK_SIZE … dan seterusnya
JAVA_MAX_HEAP_SIZE … dan seterusnya
JAVA_MIN_HEAP_SIZE … dan seterusnya
MAX_ISOLATES = 2 # AMS Isolate + One application

Hapus ke lima baris paling bawah tersebut dan gantikan dengan:

## Limited MVM configuration # #
MAIN_MEMORY_CHUNK_SIZE = 17825792 # (17 * 1024 * 1024) + (0 * 1024), 17.0MB
JAVA_MAX_HEAP_SIZE = 12582912 # (12 * 1024 * 1024) + (0 * 1024), 12MB
JAVA_MIN_HEAP_SIZE = 5242880 # (5 * 1024 * 1024) + (0 * 1024), 5MB
MAX_ISOLATES = 2 # AMS Isolate + One application

Simpan file sebagai jwc_properties.ini  dan gantikan file jwc_properties.ini di dalam folder \Exe\Java dengan jwc_properties.ini yang telah diedit.

Simpan file FactoryFs dan tutup aplikasi WinImage.

Flash ulang firmware secara keseluruhan dengan menggunakan file FactoryFs yang telah diedit.

Dari pengalaman falshing dengan berbagai firmware, firmware seri DX termasuk yang tidak Java Friendly, sedangkan firmware wilayah Middle East seri JV dan JP termasul yang Java Friendly.

Sumber: Forum Kaskus dan Forum Darkforest

2 thoughts on “Tutorial: HTC Hero Theme for S5233W

Leave a comment