Tip Android Huawei Ideos X5: No Root ScreenShot

Setelah sukses instal Android-x86 4.0 RC1 di laptop BenQ S35 FE13 dan bermain-main dengan  beberapa aplikasi, jadinya  malah berdampak “buruk”, jadi kepikiran ingin punya ponsel Android. Setelah banding-banding harga dan fitur  baik melalui review ponsel di internet maupun review tabloid PULSA, maka diputuskan membeli ponsel Android yang cukup murah dengan fitur lumayan: Huawei Ideos X5 dengan fitur unggulan yang menarik yaitu mampu rekam video kualitas HD 720p dan resolusi layar lumayan baik 800×480 pixel dengan luas layar 4.8 inci diagonal. Beruntung juga ini ponsel sudah cukup lama sejak awal release sehingga harga sudah beberapa kali mengalami koreksi dan saat membeli ponsel ini harga sudah cukup terjangkau Rp1.950.000. Menurut sejarahnya, ponsel ini saat baru release harga jualnya Rp2.400.000.

Setelah otak-atik dalam rangka kustomisasi theme dan penambahan aplikasi akhirnya saya putuskan menggunakan theme Ice Cream Sandwich yang kelihatan “berwibawa” dan sedikit angker (agak-agak bernuansa gelap), pas lah dengan my personality yang kata orang gak ramah hahahaha… Seperti biasa, kalau sudah selesai kustomisasi rasanya pengen bisa mengarsip tampilan dari suatu theme atau aplikasi yang tentunya dalam bentuk gambar. Browsing sana sini, menurut yang sudah lebih dulu punya ponsel android, untuk bisa screenshot musti di root mode. Weleh-weleh, wong yang namanya root mode pun saya belum ngeh maksudnya yang gimana.

Akan tetapi, pengambilan screenshot bisa dilakukan tanpa ponsel di-rooting dulu, cuma caranya agak ribet musti melibatkan koneksi ponsel dengan laptop/komputer untuk meng-enable ponsel diambil screenshotnya.

Menyimak tutorial yang ada di http://www.indochat.web.id/2011/06/tutorial-instalasi-no-root-screenshot.html, meski kedengarannya agak ribet tapi masih terjangkau oleh sistim kesabaran saya… maka  apa salahnya dicoba syukur-syukur berhasil bisa bikin happy. Kalaupun tak berhasil ya wajarlah namanya juga masih newbie. Dengan cara ini yang terpenting ponsel bisa dikenali oleh sistim operasi komputer, misalnya Windows 7 karena akan ada aplikasi yang harus dijalankan di komputer untuk meng-enable screenshot melalui ponsel. Cukup senang juga ternyata tak susah mendapatkan usb driver dari website Huawei Device sehingga perjalanan pun bisa lebih lancar gak pake frustasi.

Aplikasi yang digunakan untuk screenshot tanpa rooting adalah (mungkin salah satunya): No Root ScreenShot it. Cek dulu melalui Google Play versi terakhir yang dirilis dari aplikasi tersebut kemudian dengan bantuan mesin pencari Google usahakan temukan file No Root ScreenShot it dengan versi terkini. Yang saya gunakan No Root ScreenShot it versi 3.3.2. Setelah ketemu filenya langsung saja instal di ponsel dan, dengan menggunakan menu setting diponsel, aktifkan debugging mode. Setelah itu restart ponsel. Aplikasi belum bisa digunakan untuk mengambil screenshot karena belum dibuat enable oleh komputer.

Supaya  ponsel bisa terdeteksi harus sudah terinstal usb driver dari ponsel tersebut.  Nah, untuk Huawei Ideos X5 usb driver bisa didownload di sini:
http://www.huaweidevice.com/worldwide/downloadCenter.do?method=index

  1. Download dan jalankan file instalasi  (setup.exe)
  2. Ponsel yang sudah disetting ke debugging mode kemudian koneksikan ke komputer, biarkan saja komputer berusaha menemukan dan instal drivernya
  3. Jika ada notifikasi kalau ada bagian driver yang tak terinstal coba unplug dan plug kembali, mudah-mudahan kali ini tak ada pemberitahuan seperti itu lagi

Untuk keperluan meng-enable screenshot dibutuhkan aplikasi ScreenShot it Enabler (untuk windows atau mac) bisa didownload di sini: http://www.lindylabs.com/screenshot_it/

Download, install dan jalankan aplikasi  ScreenShot it Enabler, pastikan ponsel  terdeteksi oleh aplikasi tersebut (ada tulisan Phone found) dan klik ENABLE SCREENSHOT. Maka ponsel sudah bisa mengambil screenshot menggunakan aplikasi No Root ScreenShot it. Untuk mengambil screenshot pada bagian yang memerlukan waktu yang gak lama untuk menjangkaunya, misalnya bagian setting dari suatu aplikasi, bisa dipilih delay 30 detik atau lebih.

Kalau diringkas, perjalanan ambil screenshot di ponsel Ideos X5 kira-kira seperti ini:

  1. Download dan instal usb driver Ideos X5
  2. Download No Root ScreenShot it versi terkini dan instal di ponsel
  3. Download ScreenShot it Enabler untuk windows atau mac.
  4. Plug device ke PC, device dalam mode usb debuging.
  5. Jalankan ScreenShot it enabler di windows/mac anda, kemudian setelah ada tulisan Phone found klik “Enable ScreenShot it”

Setelah berhasil unplug ponsel dari PC dan jalankan No Root ScreenShot it melalui ponsel untuk mulai pengambilan screenshot.

Semoga bermanfaat

2 Comments

Filed under Android Stuff

2 responses to “Tip Android Huawei Ideos X5: No Root ScreenShot

  1. kris

    untuk huawei ideos x3 bisa gak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s