LG Optimus 4X HD: Rollback dari Jelly Bean 4.1.2 ke ICS 4.0.3

Bagi pengguna ponsel LG Optimus 4X HD yang telah sukses menginstal firmware versi Jelly Bean “illegal” P880 V20A_00.kdz pastinya girang telah mendahului mencicipi Jelly Bean sebelum secara resmi pihak LG merilis upgrade versi tersebut. Terasa bedanya memang kalau dibandingkan dengan versi Ice Cream Sandwich stock bawaan ponsel. Namun kasus yang saya alami, sejak semula versi 4.1.2 terinstal, meski cukup bangga dengan kesuksesan menginstal versi yang ditunggu-tunggu tersebut, ada satu hal yang mengganjal: ketika mencoba menjalankan software update selalu ada notifikasi “The phone is not yet registered”.

Jadi bertanya-tanya, bagaimana kelak sekiranya nih ponsel tak bisa update software secara OTA, sementara versi ilegal ini kemungkinan masih prematur belum layak rilis. Kemungkinan rilis resmi versi Jelly Bean untuk 4X HD ini ternyata lebih stabil dan lebih banyak fitur-fitur menarik yang “belum sempat” disematkan pada versi bocoran ini?  Pun kalau ingin mendapatkan update versi 4.1.2 yang khusus dirilis untuk wilayah Indonesia, tentunya harus menggunakan versi ICS 4.0.3 yang versi wilayah Indonesia untuk bisa mendapatkan update secara OTA.
Lagi sedang galau memikirkan kemungkinan-kemungkinan itu, eh ternyata di forum XDA sudah ada member yang memposting tutorial bagaimana kembali ke versi 4.0.3 setelah instal dengan versi 4.1.2 versi bocoran alias ilegal tersebut. Berhubung tutorial tak disertai ilustrasi gambar selama proses downgrade, mengikuti langkah-langkah tutorialnya pun sempat tertatih-tatih pakai acara gagal atau salah langkah dan ujung-ujungnya hampir frustasi juga. setelah mengikuti thread yang emmbahas tutorial tersebut secara menyeluruh, barulah mendapatkan pencerahan dengan sedikit mencerahkan diri sendiri dengan asumsi-asumsi seorang newbie… asumsi gak pake ngelmu.

Nah, kira-kira berikut langkah-langkah downgrade atau rollback yang harus dijalani demi kesuksesan berpindah ke versi V20A ke versi V10H.

  • Uninstal driver LGUnitedMobileDriver – versi  manapun yang sudah terinstal di komputer, dan fresh instal driver LGUnitedMobileDriver versi terserah yang penting ponsel dengan mode Software Upgrade dapat dikenali dengan baik oleh versi drivernya. Ada beberapa pilihan:

 Ada versi teranyar http://www.4shared.com/file/rPpP2btT/LGUnitedMobileDriver_S4981MAN3.html (tapi diinstal di laptop saya tak memberi hasil memuaskan, ada 2 komponen yang error instalasi drivernya)
Ada versi LGUnitedMobileDriver_S4981CAN36AP22_ML_WHQL_Ver_3[1].6 yang juga masih menyisakan error di laptop saya
Dan akhirnya sukses pengenalan komponen hardware dengan versi yang ini LGUnitedMobileDriver_S4981MAN36AP22_ML_WHQL_Ver_3[1].

Download seperangkat software untuk keperluan downgrade termasuk firmware nya di:

https://mega.co.nz/#!3dRlySCT!czu3OVR89d-OzR1KRqIGXWoqyyggAExS9EoW3wAOYCw
Sebagai informasi, firmware yang digunakan untuk proses downgrade tidak dalam extension file KDZ melainkan DZ.

  • Setelah sukses instal driver, tentunya tak ada meninggalkan error, langkah berikutnya tidaklah terlalu rumit.
  • Matikan ponsel, tekan dan tahan tombol Vol(-) dan koneksikan kabel ke komputer (Software Upgrade mode), biarkan komputer sibuk melayani instalasi driver-driver komponen-komponen ponsel yang dikenalinya. Pastikan instalasi tak menyisakan error.
  • Ke menu Device Manager, klik kanan LGE USB SERIAL PORT, selanjutnya klik Properties> Advanced> Set ke COM41.  Matikan ponsel dengan mencopot batere (kemudian pasang lagi baterenya).
  • Jalankan LG FlashTool, pilih file  DLL x3_2008_v0.0.6.9.dll dan pada  S/W pilih file yang berekstensi  .dz yang termasuk dalam doanload. File DZ ini merupakan firmware ICS yang akan diflashkan.

langkah

  • Checklist “Select Manual Mode” kemudian juga pilih USB pada option Connection Mode, selanjutnya klik OK.
  • Klik pada icon Setting Port Com (COM plug icon) dan centang com “1”, yang sisanya kosongkan saja.
  • Klik Start, yaitu icom gambar panah warna kuning di pojok kiri atas, pada window/jendela port 1 akan muncul tulisan READY.

langkah2

  • Pasang batere ponsel, tekan Vol (-) dan koneksikan ponsel ke komputer, proses update akan berjalan otomatis saat tombol Vol (-) dilepas. Tunggu sampai proses berjalan 100%… dan ponsel akan start otomatis.

preogress

Dan… selamat kembali ke versi 4.0.3. Jika ingin kembali upgrade ke ke versi 4.1.2, bisa dilakukan menggunakan cara instalasi file KDZ seperti biasa.

Leave a comment

Filed under Android Stuff

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s