Jalan berliku menuju “Back to stock” LG G2 (dengan G3 ported ROM)

Meski punyanya hanya LG G2 tapi bisa ikut mencicipi fitur-fitur LG G3 yang aduhai itu dengan install melalui CWM G3 ported ROM OptimusG3 Rom V1.4.1 dari XDA forum. Cukup puas dengan ROM ini: stabil dan kaya fitur layaknya LG G3.

G3-OptimusRS-ROM

Namun, dengan semakin dekatnya official update Lollipop LG G2, rasanya lebih nyaman kalau nanti menggunakan Lollipop yang memang dikhususkan untuk LG G2, bukan custom ROM. Pun menurut issuenya, Lollipop G2 kelak akan menggunakan user interface ala LG G3.

Untuk persiapan menyongsong update Lollipop Android 5.0.2, tentunya status Android yang terinstal adalah harus versi Stock  negara setempat: untuk Indonesia adalah ESA-XX (Asia Tenggara). Dengan percaya dirinya saya mencoba cari tahu status terkini dari versi android LG G2 untuk wilayah Indonesia dengan memasukkan nomor IMEI LG G2 saya ke kolom di link ini: V20B.

Stock_ROM_G2_-_2015-01-27_19.15.16Tanpa perduli harga internet operator Telkomsel yang muahal, singkat cerita file D80220B_00.kdz sudah di tangan, tinggal instal.

Browsing sana-sini cari tahu cara downgrade/install file KDZ, sepertinya cara instalasi tak susah-susah amat. Dan semua software pendukungpun sudah terkumpul, tinggal action.

Namun, pas saya sambungkan LG G2 dalam mode “Download” ke laptop, instalasi driver cukup lama dan berakhir dengan hasil salah satu driver SDC serial gagal terinstal. Pun dengan versi LG United mobile driver yang berbeda hasilnya tetap sama, SDC serial gagal terinstal.

index

Saya coba instal KDZ tanpa memperdulikan SDC serial yang gagal terinstal. Hasilnya: file KDZ tak mau terinstal, GAGAL. Mulai pusing dan frustasi, tapi hasrat yang kuat untuk sukses downgrade tak membuat saya menyerah. Pastilah ada cara lain, walau harus muter-muter.

Saya mulai dengan menggunakan LG Mobile Support Tool, suatu software yang digunakan untuk update secara online menggunakan laptop. Sayangnya, meski sudah dipilih Nama Negara Indonesia, si software gagal mengidentifikasi Software Versionnya dengan “benar” karena yang teridentifikasi kode software version ciptaan si pembuat ROM, bukan kode yang lazim untuk firmware yang dirilis LG. Gagal maning.

Terbayang sekilas bahwa di dunia maya sana banyak beredar file instalasi firmware yang dalam bentuk zip flashable. Tinggal cari versi zip flashable yang versi Kitkat 4.4.2 paling rendah V20A, kemudian update ke V20B melalui LG Mobile Support Tool. Mulailah berburu file firmware V20A versi zip flashable bukan versi KDZ. Lega rasanya, akhirnya nemu di Forum XDA meski masih belum tahu itu versi dari negara mana. Tinggal menyiapkan paket internet Telkomsel volume 3,3 GB, untuk download Zip flashable V20A 1,67 GB dan untuk update ke V20B melalui LG Mobile Support Tool kira-kira 1,6 GB. Bangkrut dech.

Dengan 2 kali beli paket Optima Telkomsel 75 ribu/30 hari, siap untuk mulai project downgrade yang mahal ini.

Flasable-V20A1. Download Firmware V20A versi Zip flashable di forum XDA: Rom(20A), Baseband, dan Kernel

2. Instal Rom(20A), Baseband, Kernel secara berurutan menggunakan TWRP. Untung bukan kepalang, setelah dicek melalui Setting> About phone,  ternyata versi firmware V20A tersebut adalah versi ESA-XX, pas dengan yang saya cari.

3. Factory reset, uninstal dan re-instal driver LG Uniter Mobile Driver versi terkini download dari website LG mobile negara mana saja. Langsung colokkan LG G2 dengan firmware versi 20A ke laptop, biarkan semua driver terinstal, pindah-pindah mode connection: charging only, usb debugging, PC Software, MTP. Dan ternyata, dengan firmware stock ini semua komponen HP LG G2 terinstal semua drivernya. Di point ini, segala bentuk notifikasi update system dan aplikasi di ponsel HARUS diabaikan, di samping sia-sia karena ponsel akan diflash lagi, juga bisa bermasalah jika memilih download system update dan lanjut dengan proses update, di mana hasilnya ponsel hanya akan Boot Loop di seputar TWRP seperti yang saya alami. Sungguh, boot loop di TWRP bikin stress dan frustasi karena tak kebayang bagimana mencari solusinya. Lagi-lagi selama ada usaha akan ada jalan. Ternyata di belahan dunia lain sudah ada yang pernah mengalami duluan dan sudah pula menemukan solusinya, saya tinggal ikuti langkahnya.

4. Mulai dengan pemilihan mode USB Debugging dan Connection Mode: PC Software, dalam kondisi ponsel masih terhubung ke laptop. Jalankan LG Mobile Support Tool dan biarkan si aplikasi mengubungkan diri ke servernya LG Mobile dan mengidentifikasi tetek bengek ponsel.

5. Setelah LG Mobile Support Tool puas mengidentifikasi ponsel, pilih option Country and Language: akan muncul notifikasi Update jika ada update tersedia untuk Country yang dipilih. Dalam hal ini, Country: Indonesia, Update V20B. (Selengkapnya bisa lihat di tutorial ini.)

country-inacountry-ina2

6. Inti dari persipaan update Lollipop 5.0.2 adalah menyiapkan ponsel dengan Stock ROM dan juga Stock Recovery. Oleh sebab itu, langkah selanjutnya adalah Update Recovery: yang otomatis juga meng-update ROM secara keseluruhan. Pastikan kuota internet masih di atas 1,7 GB.

update-recoveryV20B-downloadingV-20B-progressponsel-v20B

7. Setelah update selesai ponsel akan restart sendiri, dan mulailah menata home screen dan instal berbagai aplikasi favorit dari Play Store.

esa-v20b

4 Comments

Filed under Android Stuff

4 responses to “Jalan berliku menuju “Back to stock” LG G2 (dengan G3 ported ROM)

  1. Gan, masih nyimpen file firmware dan file-file applikasi pendukung lainnya gak? saya mau ikutin cara ini juga tapi buka link-link di atas filenya sudah tidak available semua. Please…butuh banget bantuannya Gan, PM saya di abuhanifah4@gmail.com ya Gan.
    makasih banyak…

  2. deni

    gan…ane gak bisa install lg mobil support tool…stuck at 5%..punya solusi??

    • Sarjono Sutedjo

      Biasanya stuck 2%…
      Coba flash pakai jelly bean kdz. Kalau masih gagal, install tot+dll jelly bean. Setelah itu baru flash kdz Lollipop atau Kitkat pakai flash tool 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s