Instalasi Circle Widget ala Droid Turbo (Redmi Note 4G/LTE Kitkat, Root)

Kadang merasa bosan dengan widget cuaca bawaan vendor, sementara widget dari vendor lain sepertinya terlihat lebih aduhai. Biasalah, rumput tetangga terlihat lebih hijau. Widget dari vendor lain seperti Motorola dirasa lebih memukau, apalagi dengan disain yang tak umum bentuk lingkaran. Tapi faktanya memang Circle Weather Widget ala Moto Droid Turbo cukup  memukau namun simpel. Cara instalnya juga gampang dengan syarat ponsel sudah root, kitkat dan sudah terinstal aplikasi Root Explorer.

widget

Download dan instal widget

File yang dibutuhkan beserta tutorial instalasinya ada di www.droidviews.com, pilih file yang untuk HD screen Circle Widget 720p.zip.

Install_Motorola_Droid_Turbo_CircleExtract file Circle Widget 720p.zip di suatu tempat di ponsel. Kalau dicermati, file zip tersebut berisi dua file, yaitu com.motorola.commandcenter.library.jar dan CommandCenter.apk. Syarat instalasi adalah kedua file tersebut harus berada pada folder (subfolder) /system. Dalam hal ini eksekusi dapat dilakukan menggunakan aplikasi Root Explorer.

Cara aman memindahkan file ke folder /system

Hal terpenting yang pelu dipahami bahwa hampir semua file pada folder /system adalah level akses RW-R-R. Mengganti level akses setelah pemindahan file ke folder yang dituju bisa merepotkan saat ingin menemukan file yang baru dipindahkan jika folder tersebut berisi banyak file. Sementara penggantian level akses tak bisa dilakukan jika tidak berada di folder atau subfolder /system.

Untuk memudahkan, ada baiknya file-file yang akan dipindahkan ke suatu sub folder /system dikumpulkan dahulu di suatu folder di dalam folder /system, setelah file-file tersebut telah diubah level aksesnya baru dipindahkan ke folder tujuan.

Pada kasus instalasi widget Circle Droid Turbo, file com.motorola.commandcenter.library.jar harus berada di folder /system/framework dengan level akses RW-R-R dan file  CommandCenter.apk harus berada di folder /system/app dengan level akses RW-R-R.

Untuk memudahkan, kedua file tersebut akan dikumpulkan di suatu folder di /system, katakanlah di folder bernama “Apk-transit” (/system/Apk-transit). Semua proses copy, move, paste akan menggunakan Root Explorer.

1. Jalankan Root Explorer, masuk ke direktori /system dan tekan Mount R/W supaya folder mau dibaca-tulis, dan buat suatu folder di dalam folder /system, misalnya folder bernama “Apk-transit”.

transit

Dengan menggunakan tab di Root Explorer, tujulah direktori tempat kedua file tersebut berada, copy kedua file ke folder /system/Apk-transit. Selama file-file berada di folder /system/Apk-transit, lakukan penggantian akses level dari RW-RW-RW menjadi RW-R-R.

permission

2. File-file yang telah diubah level aksesnya menjadi RW-R-R siap dipindahkan ke direktori seharusnya mereka berada. File com.motorola.commandcenter.library.jar ke folder /system/framework dan  file  CommandCenter.apk  folder /system/app

move

3. Setelah kedua file tersebut berada di lokasi yang semestinya. silakan keluar dari aplikasi Root Explorer, tapi jangan lupa untuk mengembalikan level akses folder /system menjadi R/O kembali. Reboot ponsel supaya hasil instalasi mulai aktif.

exit

4. Setting Circle Widget

Pemasangan widget sama dengan widget-widget lain dengan cara menekan dan tahan layar sampai muncul menu penambahan widget di layar. Temukan suatu icon widget berjudul “CommandCenter”, dipaskan posisinya di layar. Beberapa setting perlu dilakukan seperti mengaktifkan “current location” dan temperature apakah ingin menggunakan derajad Fahrenheit atau Celcius. Perlu dicatat, widget ini menghendaki “Location” senantiasa aktif jika “current location” dipilih. Pastikan sudah terinstal Google Map dan pernah dijalankan Google Mapnya. Untuk meyakinkan, sebelum memasang widget perlu diuji coba menjalankan Google Maps, tentunya dengan GPS = ON dengan High Accuracy, sampai yakin kalau Google Map menunjukkan lokasi yang cukup akurat, paling tidak akurat secara wilayah. Kan repot kalau ponsel berada di Bogor tapi Google Map menunjukkan wilayah Bekasi (hihihi).

setting

Setelah nama lokasi sudah muncul di widget, silakan pindahkan posisi pilihan Location ke Batery Saving yang sebenarnya hanya menggunakan data BTS. Ini untuk menghemat batere mengingat pengaktifan GPS High Accuracy akan menggerogoti batere.

Salam sukses.

2 Comments

Filed under Android Stuff

2 responses to “Instalasi Circle Widget ala Droid Turbo (Redmi Note 4G/LTE Kitkat, Root)

  1. Maao tanya om rom ini juga brlaku di xiomi redmi note 4g yg punya ram 1gb gak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s